[Jurnal] Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Dalam 5 Bulan

Ini adalah jurnal saya tentang bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Dalam 5 Bulan! Apa yang saya tulis disini bisa anda praktekan langsung, di modifikasi ulang, dikurangi atau ditambahi, pokoknya suka suka anda saja atau mungkin gimana enaknya cara anda dalam ngepet di youtube. salah satu alasan saya untuk menulis jurnal ini bukanlah untuk pamer SS, pamer keahlian atau sebagainya namun mungkin setidaknya dengan adanya tulisan ini bisa membuat teman-teman diluaran sana untuk termotivasi kembali dalam mencari recehan dollar di youtube. terutama untuk yang pernah mengalami menjadi reuploader, spammer dan kemudian channel nya di bantai sama mbah youtube 😀

Karena memang jika ditujukan untuk pamer, sungguh jauh dari kata luar biasa atau besar earning yang saya dapatkan, masih recehan. Jauh dari kata ribuan dollar namun besar harapan saya dengan adanya jurnal ini, anda jadi punya dasar atau mungkin acuan tentang rentang waktu untuk bisa menghasilkan uang dari youtube itu butuh waktu berapa lama. apalagi dengan hadirnya berbagai kebijakan baru dari youtube belakangan ini. Apa yang akan saya share disini, sejauh yang saya tau sesuai dengan garis kebijakan youtube. jadi, anda tidak perlu khawatir terkena razia yang menyebabkan channel anda tumbang.

Karena saya sendiri sudah cape rasanya jika bikin channel dan upload video yang tidak sesuai dengan garis kebijakan youtube, kenapa? cape karena terus waswas takut channel kena strike atau disabled, cape tiap memasuki tanggal gajihan selalu degdegan 🙂

Tapi tolong! Jangan memulai perdebatan mengenai black atau white area di artikel saya ini. Saya tidak menghakimi atau membenci youtuber yang bermain “petak umpet” dengan kebijakan youtube. Silahkan itu keputusan masing”, alasan satu2nya saya tidak main lagi di area “hitam” adalah karena cape saja seperti yang sudah dituliskan diatas.

Meski saya sudah cukup lama berkecimpung di dunia adsense youtube ini, namun per bulan februari 2017 saya bisa dibilang berhenti total. kenapa? karena semua channel saya habis dibantai dengan jurus Santoryuu Ougi : Sanzen Sekai 😀
Setelah hampir semua channel saya habis, saya putuskan untuk rehat dulu. Dan selama masa rehat tersebut yang saya lakukan hanya nonton tv series, anime, dan kadang-kadang browsing video ga jelas di youtube. Jujur pada masa itu, pikiran terasa buntu! Masih mau main youtube karena emang lebih mudah dibandingkan dengan main blog tapi bingung mau upload video apa? reupload? sudah malas! Nyepam? Sudah malas!

bahkan tulisan ini yang tadinya saya rencanakan akan beres dalam seminggu malah molor hingga berbulan-bulan. jadi saya mohon maaf untuk yang sudah menunggu tulisan ini, dan seperti yang sudah saya jelaskan di status facebook saya bahwa saya akan share jurnal perjalanan saya dalam memulai kembali ngeyoutube. mungkin tidak akan ada resep wah, trik wah dan lain-lain nya  yang saya bagikan. entah jika esok lusa saya berubah pikiran.

Masa-masa malas luar biasa yang saya alami akhirnya bisa saya kalahkan diantara bulan mei dan juni. diantara kedua bulan tersebut yang saya siapkan/lakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Riset niche video
  2. Menentukan target negara visitor yang akan saya bidik (jauhi negara indo)
  3. Mencari ide bentuk video seperti apa
  4. Menyiapkan akun google adsense yang masih fresh dan belum pernah digunakan untuk nyepam
  5. Buat Channel baru yang emailnya belum pernah dipakai untuk nyepam
  6. Nyari video editor yang cocok dan sesuai dengan keinginan saya

Ada banyak cara untuk membuat video dengan tidak terlalu rumit dan njelimet, silahkan anda search sendiri di youtube atau instagram dengan cara melihat channel orang lain. berikut ini adalah salah satu contoh video yang simpel namun menarik (menurut kacamata pandangan saya) :


Untuk yang ingin mencari dollar dari youtube maka saya menyarankan untuk tidak bermain di pasar yang sudah ramai. Cari negara dan niche yang masih sepi dari serbuan youtuber. Saya tidak ada masalah dengan youtuber spamer atau pun yg upload film atau musik dan sebagainya tp tolong jika nyepam pakailah sedikit etika. jgn sampai 1 channel full di reupload dan tanpa di edit sama sekali judulnya alias 1 channel full di kloning (dan saya pernah mengalaminya, channel saya dan seluruh konten nya di kloning tanpa di edit lagi). semakin anda sembrono dalam nyepam maka akan semakin ketat pula aturan youtube dan sudah terbukti dengan keluarnya aturan baru youtube -> Additional Changes to the YouTube Partner Program (YPP) to Better Protect Creators. pengetatan syarat untuk menjadi partner youtube tsb tentu bukan lah hal yang pertama, dulu ada sistem “pentung” aka !, kemudian ada persyaratan minimal 10ribu view, review video: limited or no ads, kemudian yang terbaru adalah 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. seperti yang sudah pernah saya bilang di status facebook saya dahulu dan juga ke teman saya, bahwa youtube akan memaksa para spammer untuk bertaubat dan mulai membuat video original sendiri. Dan itulah yang memang sedang terjadi, razia terhadap channel spam dan repuload serta aturan yang semakin ketat untuk menjadi partner youtube memang dimaksudkan untuk meminimalisir munculnya spammer dan reuploader baru.

Secara pribadi saya menyarankan kepada para youtuber indonesia khususnya, yuk berhenti nyepam atau kurangi nyepam dan reupload. mulai dari sekarang kita bikin konten yang original dan sesuai dengan aturan youtube.

bersambung ke : [Jurnal] Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Dalam 5 Bulan | Part 2

[Jurnal] Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Dalam 5 Bulan | Yudi NP | 4.5

Leave a Reply